“AGAN MAU JUAL LAPTOP BEKAS??”

“Kami Terima LAPTOP BEKAS Segala Kondisi gan”

SEGERA HUB KAMI SMS/WA: 085640755447

Fungsi Hard Drive Laptop

Jual Beli Laptop Bekas Jogja


Pengertian Hardisk atau Hard Drive


Hardisk atau Hard Drive merupakan perangkat keras(Hardware) yang sangat diperlukan oleh komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana media penyimpanan data. Data data yang telah disimpan kedalam Hardisk atau Hard Drive tidak akan hilang, jika hilang maka permasalahannya itu adalah file kamu terkena virus. Bahkan saat si User atau Penggunanya untuk mematikan komputer/laptopnya maka data itu tidak akan hilang. Dengan kata lain, hardisk disini memiliki peran yang perannya itu sebagai alat media penyimpanan data yang bersifat permanen(data data tidak akan hilang). Untuk kapasitas daya tampung Hardisk atau Hard Drive sendiri juga terbilang cukup besar.



Fungsi Hardisk atau Hard Drive


Fungsi hardisk ini secara umum yaitu untuk menyimpan suatu data yang dihasilkan dari proses komputer/laptop. Di dalamnya terdapat ruang simpan utama yang ada didalam CPU Komputer. Disitulah setiap data dan informasi tersimpan secara otomatis dan masuk kedalam Hardisk atau Hard Drive. Selain memiliki ruang utama, hardisk juga mempunyai komponen komponen bagian, komponennya yaitu semacam ruang kecil yang terdiri dari atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder yang digunakan untuk meletakan data dan informasi dari ruang utama Hardisk atau Hard Drive.

Cara Kerja Harddisk

Cara kerja dari harddisk sendiri pada dasarnya cukup sederhana, meskipun secara teknis, cara kerja harddisk sangatlah rumit. Berikut ini adalah beberapa cara kerja dari sebuah harddisk :


  • Ketika komputer menyala, maka piringan atau disk yang terdapat pada harddisk akan berputar, dan kemudian harddisk akan membaca sistem operasi yang ada di dalamnya.
  • Ketika menyala, maka siste komputer akan segera siap.
  • Ketika anda akan menyimpan suatu data, maka data tersebut akan di write di dalam harddisk. Ketika melakukan writing, disk di dalam harddisk akan berputar hingga proses writing selesai.

Ketika disk di dalam harddisk sedang bekerja dan berputar, baik proses writing ataupun reading, proses ini tidak boleh dibatalkan, karena itu, ketika harddisk sedang bekerja, kita tidak boleh mengganggu kerja harddisk, karena akan menyebabkan data yang terdapat di dalam harddisk tersebut bisa mengalami corrupt.

Jual Beli Laptop Bekas Jogja
0 Comments for "Fungsi Hard Drive Laptop"

Back To Top