“AGAN MAU JUAL LAPTOP BEKAS??”

“Kami Terima LAPTOP BEKAS Segala Kondisi gan”

SEGERA HUB KAMI SMS/WA: 085640755447

Teknologi Wireless Charger

Jual Beli Laptop Bekas Jogja

PENGERTIAN WIRELESS CHARGER




Wireless charging sebenarnya bukan konsep baru. Seorang Ilmuwan bernama Nikolai Tesla pernah mendemonstrasikan bahwa daya listrik bisa ditransmisikan secara nirkabel lebih dari 100 tahun yang lalu, tetapi konsep tersebut belum banyak dikembangkan.

Bagi kalian yang masih belum paham, Wireless charging adalah pengisian ulang baterai tanpa kabel. Tidak ada lagi kabel yang dicolokkan dari sumber listrik ke smartphone. Namun saat ini sejumlah perusahaan besar (ada 120 perusahaan) termasuk Sony, Nokia, Texas Instruments, dan Samsung telah membentuk Wireless Power Consortium (WPC) untuk mempromosikan wireless charging berbasis teknologi induksi.Hasilnya adalah standar Qi (dibaca chi, yang berasal dari Bahasa Cina yang berarti energi). Dalam melakukan pengisian baterai, Wireless charger menggunakan induksi magnetik. yaiut dengan cara perangkat diletakkan di atas permukaannya dan baterai diisi secara otomatis (tidak dibutuhkan kabel). 


CARA KERJA WIRELESS CHARGER

Teknologinya sama dengan yang digunakan pada dinamo pembangkit listrik atau transformator penaik/penurun tegangan. Semua perangkat tersebut sama-sama menggunakan hukum Fisika, yaitu bila suatu kumparan kawat dialiri listrik maka akan timbul medan magnet. Sebaliknya, bila suatu kumparan dikenai dengan medan magnet, maka akan timbul aliran listrik pada kawat kumparan. Dengan cara yang sama, charger yang berupa kumparan dialiri listrik. Sehingga timbul medan magnet di sekitarnya. Medan magnet ini mengenai kumparan yang telah dipasang di bagian belakang smartphone. Maka pada kumparan di smartphone timbul arus listrik yang seterusnya digunakan untuk mengisi baterai.

Jarak antara kumparan pada charger (transceiver) dan pada smartphone (receiver) harus sedekat mungkin. Makin jauh jaraknya, makin kecil listrik yang ditimbulkan pada kumparan di smartphone. Untungnya para peneliti di MIT pada tahun 2006 telah menemukan teknik resonansi sehingga jarak antara transceiver dan receiver bisa lebih jauh dibandingkan dengan induksi biasa. Mereka berhasil memisahkan kedua kumparan sejauh beberapa meter.



KEUNTUNGAN
  • Menurunkan resiko sengatan listrik atau korslet saat basah karena tidak ada konduktor yang digunakan pada wireless charger konduktif, misalnya pada sikat gigi dan alat cukur.
  • Perlindungan koneksi - tidak ada korosi karena perangkat tertutup secara keseluruhan, jauh dari air atau oksigen di atmosfer.
  • Lebih aman untuk implan medis - untuk perangkat medis tertanam, memungkinkan pengisian / powering melalui kulit dibandingkan menggunakan kabel yang menembus kulit, yang akan meningkatkan risiko infeksi.
  • Lebih mudah dibandingkan harus mencolokkan ke kabel listrik (penting untuk orang cacat).


KEKURANGAN
  • Efisiensi rendah, limbah panas - Kelemahan utama wireless charger adalah efisiensi yang lebih rendah. Dan meningkatkan pemanasan resistif dibandingkan dengan kontak langsung. Implementasi dengan menggunakan frekuensi yang lebih rendah atau teknologi drive yang lebih tua akan lebih lambat dan menghasilkan panas dalam kebanyakan elektronik portabel.
  • Lebih mahal - Pengisian induktif juga memerlukan drive elektronik dan kumparan di perangkat elektronik dan charger, meningkatkan kompleksitas dan biaya manufaktur.
  • Pengisian lambat - karena efisiensi yang lebih rendah, perangkat dapat memakan waktu lebih lama untuk pengisian daya.
  • Ketidak nyamanan - Perangkat handphone yang terhubung ke kabel dapat bebas bergerak dan dioperasikan saat pengisian sedangkan jika menggunakan wireless charger ini, handphone harus berada dekat dengan perangkat wireless charger .
  • Ketidak sesuaian - Tidak seperti (misalnya) konektor charger MicroUSB yang distandarisasi, tidak ada standar de facto pada wireless charger, berpotensi membuat konsumen atau produsen menjadi ribet ketika standar lain muncul (Catatan: Qi telah menjadi standar yang diadopsi oleh banyak perusahaan seperti Google dan Nokia.)
Jual Beli Laptop Bekas Jogja
0 Comments for "Teknologi Wireless Charger"

Back To Top